Friday, 14 June 2013

RUMUS DASAR BISNIS YANG HARUS DIKETAHUI OLEH PEMULA



Sukses berbisnis sudah pasti diimpikan sebagian besar pelaku usaha. Namun ukuran sukses bagi setiap pengusaha tentunya berbeda-beda. Masing-masing pengusaha memiliki perspektif atau sudut pandang sendiri dalam melihat dan mengukur kesuksesan bisnisnya.
Meskipun begitu, ada rumus dasar yang perlu diketahui para pelaku usaha untuk mewujudkan kesuksesan bisnis yang mereka impikan. Lalu, seperti apa rumus dasar yang bisa perlu diketahui para pemula di dunia usaha?

Berikut kami informasikan tujuh rumus dasar berbisnis yang perlu diketahui para pemula.
Pertama, mengetahui kapan harus memulai. Sebagai calon pebisnis sukses, Anda harus tahu kapan waktu yang tepat untuk memulai. Dengan memahami ‘garis start’ tersebut, Anda bisa mengetahui segala kondisi yang Anda miliki dan tantangan apa saja yang akan Anda hadapi. Mulai dari berapa jumlah modal yang Anda miliki, bagaimana kondisi lingkungan tempat usaha Anda, produk apa yang sedang diminati oleh masyarakat sekitar, hingga peluang networking yang dimiliki dari keluarga ataupun teman dekat Anda.
Kedua, mengetahui tujuan yang akan mereka capai. Tak hanya mengetahui kapan harus memulai, seorang pelaku usaha juga harus paham tujuan apa yang akan mereka capai. Meskipun sebagian besar pebisnis memiliki slogan “mulai dari yang kecil, mulai dari yang mudah, mulai dari sekarang!” namun sebenarnya mereka sudah menghitung dengan matang tujuan bisnisnya dan kemana roda bisnisnya akan bermuara. Jadi, sebelum menjalankan sebuah usaha, pastikan terlebih dahulu bila Anda telah memiliki tujuan bisnis yang hendak Anda capai.
Ketiga, membuat rencana bisnis dengan matang. Setelah mengetahui kapan harus mulai dan dimana harus berhenti, seorang calon pengusaha perlu membuat rencana bisnis dengan matang dan mempersiapkan strategi apa saja yang mereka butuhkan untuk menghadapi resiko usaha yang ada di depan mata. Dalam hal ini Anda bisa menambah skill dan pengetahuan bisnis dari orang-orang sukses yang ada di sekitar Anda atau membaca buku tentang dunia usaha yang belakangan ini marak beredar di pasaran.
Keempat, jangan sungkan untuk berlari. Yang dimaksud lari disini tentunya bukan aktivitas berlari dalam arti sebenarnya. Dalam dunia usaha, Anda perlu berlari untuk membawa bisnis kecil Anda ke pintu kesuksesan yang telah ditentukan sebelumnya. Usahakan untuk berlari lebih awal, agar kompetitor Anda tak bisa menyaingi kesuksesan bisnis yang telah Anda raih.
Kelima, mengamati dan mengevaluasi aktivitas bisnis yang telah dijalankan. Saat ‘berlari’, para pelaku usaha juga perlu mampir ke rest area atau pit stop untuk mengamati perkembangan para pesaing dan mengevaluasi aktivitas bisnis yang telah mereka jalankan. Untuk mengevaluasi perkembangan bisnis Anda, tak ada salahnya bila Anda melibatkan bantuan orang lain yang lebih berkompeten untuk mengevaluasi kinerja Anda selama ini.
Keenam, perbaiki strategi bisnis yang dirasa kurang tepat. Setelah mengevaluasi aktivitas bisnis yang Anda jalankan, selanjutnya perbaiki strategi bisnis yang dirasa belum tepat dan optimalkan kinerja Anda untuk mencapai tujuan bisnis yang telah ditentukan sebelumnya.
Ketujuh, bila rencana awal tidak berhasil, segera tentukan Plan B. Sebagai seorang pelaku usaha, Anda juga dituntut harus sigap, tanggap, dan penuh kreativitas dalam menjalankan roda usaha. Hal ini penting agar dalam waktu-waktu genting Anda bisa segera mengganti rencana lama dengan plan B (rencana baru). Resiko usaha seperti ini tentu sudah sering kita temui di lapangan, karena itu Anda harus siap dengan kemungkinan terburuk dan mempersiapkan rencana cadangan.
Semoga setelah membahas ketujuh tips bisnis di atas, para pemula bisa tergerak untuk segera terjun di dunia usaha dan mengantarkan bisnisnya menuju puncak kesuksesan usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!


Sumber gambar :
1. http://4.bp.blogspot.com/-zt3WoZ5shs8/TwZhlWEY4pI/AAAAAAAABsM/OWCWiO4iK0g/s1600/rencana0112.jpg
2. http://wartawirausaha.com/wp-content/uploads/2013/02/tips-mengembangkan-usaha.jpg

 sumber

No comments:

Post a Comment